Berselancar di bayar $ Dollar

Free money making opportunity. Join Cashfiesta.com and earn cash.

Sabtu, 12 Februari 2011

Cara Cepat Mudah Dan Murah Bikin FiLM Video


Suatu hari saya dapat SmS dari temen saya yang isinya menanyakan bagaimana cara bikin film yang mudah cepat dan murah untuk tugas kuliah  kemudian sejenak saya berpikir , saya memang bukan ahlinya tapi saya pernah mempraktekkanya jadi saya mencoba mengingat ingat kembali pengalaman pengalaman saya sewaktu bikin film setelah saya bisa mengingatnya saya memberikan tips kurang lebih begini :
Tips Bikin FILM MUDAh  Murah dan Cepat
 1. Cara cepat dan mudah buat skenario 
untuk membuat film tentu kita harus punya naskah cerita atau Skenario.
tips paling mudah bikin skenario kalo kita tidak bisa membuat cerita sendiri  adalah "cari cerpen" kemudian modifikasi cerpen tersebut menjadi sebuah skenario dan kalo anda  mengangkat cerita dari cerpen JANGAN  LUPA MENCANTUMKAN NAMA PENULIS CERPENNYA !!!!!
contoh sekenario kurang lebih seperti ini :

Skenario film pendek

Scene 1 
EXT. Depan Kampus  Siang Hari  
Raka dan Reny  bertemu di depan kampus raka bermaksud ngajak jalan reny dengan berpura pura  meminjam tugas sama reny

Raka :
Eh Ren entar boleh nggak aku main  ke kost kamu ....aku mo pinjam catatan  materi  tugas yang kemarin 
Renny :
boleh tapi jangan malem malem ya....bla bla bla 
Scene 2
INT. Ruang tamu Kost Renny  Sore Hari 
Renny ngobrol dengan Raka di ruang tamu kost renny 

itu sepenggal contoh skenario 
yang perlu di perhatikan dalam menulis skenario adalah keterangan tempat dan waktu 
EXT singkatan dari exterior  yang merupakan keterangan Tempat bahwa lokasi shotingnya di luar ruang atau out door ini penting buat kameramen dan penata ligthing  karena lokasi out door mungkin lighting tidak di perlukan dan bisa di ganti dengan reflektor  dan kameramen harus mempersiapkan White Balance outdoor untuk memperoleh gambar yang bagus  
2. Bagaimana  Menekan Biaya produksi Biar bisa murah 
salah satu caranya adalah cari lokasi yang tidak jauh dari tempat tiunggal kita biar tidak memakan biaya transport  
Jangan terlalu banyak Pemainnya
Perbanyak Scene dengan  Lokasi yang out door  dan pilih waktu siang hari boleh pagi siang atu sore hindari scene Malam karena akan membutuhkan lighting  kalo siang hari mdan out door kita bisa menekan biaya untuk lighting 

3. Pilih Software Editing yang memiliki fasilitas Detect by Content
karena dengan fasilitas detect by Conten gambar akan terpotong sendiri berdasarkan scene  dan jenis shoot yang kita buat jadi akan mempermudah dan mempercepat kita untuk menyelesaikan proses editing

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More